Monday, August 12, 2019

Wukir Suryadi Dan Bebunyian Industrial

Warga kota metropolitan yang akrab melihat keramaian kendaraan bermotor dan warga daerah industri yang akrab dengan aktivitas pabrik dan proyek pembangunan adalah orang - orang yang sudah terbiasa mendengar rangakian suara bising yang sangat tidak teratur. Namun saya heran, kok ada cukup banyak musisi/seniman yang menghasilkan karya suara bising tak teratur ini justru berasal dari kota Yogyakarta ya? Yogyakarta sebuah kota pelajar yang dikenal berhati nyaman. Salah satu yang berasal dari sana adalah Wukir Suryadi(Wukir).
Sumber : Wukir Suryadi

Banyak yang mengenal sosok Wukir bersama grup duo nya SENYAWA. Eksperimentasi olah vokal dari Rully berpadu dengan eksperimentasi suara dari alat musik buatan sendiri dari Wukir. Namun, Wukir sudah mulai berkarya sebelum bersama SENYAWA. Melalui label rilisan digital Yes No Wave saya menemukan Wukir pertama kali melalui rilisan Antara Dapur & Lingkungannya. Dan beruntung sekali pada tahun 2018 Wukir bersama SENYAWA berkesempatan melakukan showcase di Pontianak. Kesempatan yang begitu berharga itu saya manfaatkan dengan mengajak Wukir untuk ngopi bareng disuatu pagi yang cerah sembari menatap pemandangan Sungai Kapuas. Sosok sederhana yang begitu optimis, optimis untuk terus mencari eksplorasi baru dari barang - barang yang berwujud untuk diolahh dan menghasilkan bebunyian yang khas dan melampaui aturan bebunyian serta kesenian.

Pada 29 Juli yang lalu Wukir berkesempatan melakukan sebuah konser di Malang dengan dibantu oleh teman - teman dari Malang Sub Noise. Wukir menampilkan permainan alat - alat sehari - hari serta menghasilan bebunyian yang mengingatkan kita pada aktivitas industri pabrik maupun proyek pembangunan. Tidak hanya menggunakan alat musik dari bambu, bebunyian juga dihasilkan dari butiran beras dan kacang hijau yang dijatuhkan pada plat kuningan.


Audio dari penampilan konser di Malang tersebut direkam dan telah diunggah pada akun bandcamp milik Wukir sendiri. Sangat disarankan untuk mendengarkannya menggunakan headset, selain dikarenakan kita perlu mendengar detail bunyi yang dihasilkan juga untuk jaga - jaga supaya jangan sampai teman disebelah kita malah merasa terganggu dengan bebunyian dari rilisan ini. 

No comments:

Post a Comment