Wednesday, July 3, 2019

Bersyukur atas karya dalam SYUKURAN KARYA

Syukuran karya adalah gigs kolektif dari teman-teman yang berinisiatif membuat sebuah gigs kecil-kecilan di untuk merayakan rilis CD dari beberapa band dan satu solois yaitu, Jhon.S , ROTA (Rise Of The Antelope) , 100 % Idiots (Singkawang) , Sletink Doll (Singkawang) dan ada beberapa band lain lagi yang tampil seperti Bandit, Last Chance dan band aku sendiri Side Effects. Ketika aku datang pukul setengah 1 siang, ternyata sudah ada beberapa teman yang sudah mulai mengangkat alat ke panggung. Venue berlokasi di Djagad Karja, sebuah creative space yang menyediakan tempat untuk kegiatan seperti Rehearsal, Coffeshop, Merch Store dll.  Di tempat ini sudah tersedia sebuah panggung permanen di halaman belakang, sungguh keren sih, memang tempat seperti ini harus ada dan semoga perizinan dengan tetangga dipermudah. 

Kami pun mulai menyusun alat-alat dibantu tambahan teman-teman yang perlahan datang ke venue, tentunya teman-teman yang menyusun alat adalah personil masing-masing band yang akan bermain di acara ini. Menurut Rundown Gigs ini mulai pukul 2 siang jadi menyusun alat harus ekstra cepat dan rapi, dikarenakan kesepakatan perizinan dengan RT hanya sampai Maghrib huhuhu... Meja lapakan pun mulai dibuka, terdapat Zine, Kaset, Emblem, Kaos Dll. Disini pun aku menjual kaset EP band aku yang pernah rilis tahun 2015, lalu re-issue pada tahun 2019 cuma dibuat 15 keping. Uniknya di acara ini teman-teman menyediakan gorengan dan kue
 gratis yang dibeli dari hasil uang kolektif band yang terlibat. Mungkin bagi kalian ini hal yang biasa saja, tapi ini pertama kalinya aku datang ke Gigs dan makan gorengan gratis hmm..

Acara mulai sekitar pukul 2 lewat, dengan Jhon.S menjadi penampil pertama. JhonS membawakan sekitar 4 lagu siang itu, merayakan syukuran EP yang berjudul BERRREFLEKSI. Pokoknya Jhon.S keren!!! Dan selanjutnya ada kami Side Effects, dengan penampilan yang kurang maksimal karena drummer dan gitaris kami berhalangan hadir. Dan yang sangat chaosnya lagi, kami baru mengenal additional drummer dan hanya nge-jamm dua jam. 
Di hari sebelumnya juga kami bermain di Gigs kolektif nya teman-teman TERCEMAR di Cafe Sentul, jadi kondisi kami masih sangat tepar bin capek di acara ini. Kami membawakan 4 lagu sekaligus intro, broken home, tetap pada pendirian, dan cover lagu nya Champion yang berjudul Promises Kept. Sekitar pukul 3 sore tiba-tiba hujan turun, padahal sebelumnya cuaca sangat panas. Teman-teman semua pun langsung bergegas untuk mengamankan alat musik dan memindahkan nya ke lantai atas Djagad Karja. Rupanya lantai atasnya juga keren untuk jadi tempat penyelenggaraan Gigs. Tapi jika kalian jingkrak-jingkrak diatas lantai papannya, akan terasa agak bergetar tuh. Alat musik mulai disusun kembali sambil beberapa dari kami pun mengelap alat-alat yang agak basah.

Band ketiga pun tampil, mereka adalah Sletink Doll dari Singkawang yang merayakan syukuran CD Splitnya dengan 100% Idiots yang berjudul U.R.A.S (United Rebellion Anarchy Singkawang). Mereka berhasil memulai suasana chaos diruangan itu dengan membawakan tiga lagu.  Band keempat adalah band Bandit yang keren, membawakan tiga lagu yang mana salah satunya cover dari Stick To Your Guns"Bringing You Down". Penampilan Bandit cukup membuat lantai sedikit bergoyang karna semuanya lompat-lompat hahaha. Dan kemudian band yang aku tunggu-tunggu akhirnya tampil, ROTA! Chaos!!! Band ini cocok bagi mereka yang suka band-band seperti Discharge, Crutches, Zyanose. Kalian wajib cari tahu mengenai band ROTA ini. Mereka membawakan empat buah lagu cukup membuatku tercengang!!! Band ini keren!!! Oh iya mereka baru saja merilis EP melalui label PTK distribution yang dikelola oleh Drummer mereka sendiri.

 

Seharusnya gigs sudah selesai ketika Maghrib, tapi karena suatu dan lain hal jadi masih ada dua band yang belum perform. Acara pun dilanjutkan sehabis Maghrib dengan Band keenam yaitu 100%Idiots. Gerombolan punk marah-marah dari Singkawang! Membawakan tiga lagu dari CD Splitnya bersama Sletink Doll dan meng-cover satu lagu dari Jeruji"Lawan". Penampilan mereka membuatku bersing-along senang sekali. Dan band terakhir di Gigs ini adalah Last Chance yang udah lama vakum dan rencananya akan mengganti nama band nya setelah Gigs ini. Akhirnya Gigs pun berakhir sebelum pukul tujuh malam. Diakhiri dengan berfoto bareng dan saling jabat tangan,  dan tidak lupa mengemaskan  dan mengangkat alat musik dari lantai atas ke studio di lantai bawah. Sungguh melelahkan dan menyenangkan!
Semoga semakin banyak teman-teman yang berpartisipasi, berminat, dan berkolektif ria agar Ruang-ruang kecil seperti ini akan terus ada!!! Terimakasih juga untuk teman-teman yang udah datang, pogo, beli merch/kaset, dan makan gorengan. Sehat, semangat selalu semuanya yang rela capek-capek di Gigs ini, panjang umur kolektif, DIY 100%!!!!!!!



Ditulis oleh : Ari
Kontributor foto : Ariandi Kesek, Mumu, Aldiman
Video oleh : Aldiman, Mumu, Eru 

No comments:

Post a Comment