Friday, February 8, 2019

Theo Nugraha Membagikan Keberagaman Musik Eksperimental dari Kalimantan

Theo Nugraha(Theo) adalah seorang musisi eksperimental asal Kalimantan. Dulu lebih dikenal sebagai bagian dari komunitas noise di Samarinda, sempat pindah ke Palangkaraya dan menularkan juga semangat eksperimentasi bunyi disana. Theo Nugraha bisa dibilang musisi eksperimental asal Kalimantan yang sangat dikenal selain Sarana. Theo cukup aktif dalam berkarya, lebih dari itu Theo juga aktif berjejaring dan pergi melakukan tur untuk memperkenalkan karyanya. 

Pada kesempatan yang diberikan oleh Whiteboard Journal(sebuah media asal Jakarta) untuk membuat sebuah playlist musik, Theo memberikan seleksi karya musik eksperimental/noise asal Kalimantan. Sejauh apa yang saya tahu musik eksperimental/noise di Kalimantan belum terlalu ramai, akan tetapi keberadaannya cukup merata diseluruh provinsi yang ada di pulau Kalimantan. PTK Distribution sendiri sebelumnya telah beberapa kali mengeluarkan rilisan musisi noise/eksperimental asal Kalimantan dalam format CD-R. Yang pertama adalah split EP antara Theo Nugraha dan Melpomene at Orgasms. Lalu yang lainnya yang membuat puas karena pencapaian dan prosesnya adalah split EP antara Terhimpit Dosa dan Duka dengan Rhinoplax Vigil. Belakangan ini, saya menemukan praktik musik eksperimental juga banyak dilakukan oleh orang - orang dari lingkaran komunitas musik di kampus pendidikan seni Untan. 

Jika melihat dari semua fakta yang terlah terjadi dan juga isi playlist dari Theo ini, semangat eksperimentasi bebunyian di Kalimantan masih terus menjanjikan. Bagi saya, mereka tidak akan menjadi sangat populer, tapi semoga saja mereka bisa saling terhubung satu sama lain. Mari kita dengarkan playlist nya dibawah ini :


No comments:

Post a Comment