Friday, February 15, 2019

Review Album : Bangsat & Cause Of Divorce ‎– Bargain Hunting Split LP


Split LP yang sudah dirilis dari tahun 2010 namun baru saya dengarkan di tahun 2019. Rilisan ini sangat penting bagi saya pribadi dan juga mungkin untuk rekam jejak skena grindcore di Indonesia. BANGSAT adalah band grindcore dari Jakarta yang sudah dibentuk dari tahun 2000, band ini sepertinya lebih banyak memiliki rekam jejak rilisan fisik daripada manggung. Bisa dilihat dari data diskografi mereka di Discogs yang panjang sekali berbanding terbalik dengan dokumentasi manggung yang bisa ditemukan di YouTube maupun foto di MySpace nya. Sementara CAUSE OF DIVORCE adalah band grindcore dari Jerman yang sepertinya masih aktif sampai saat ini (di bandcamp terlihat ada rilisan terakhir di tahun 2018).
Kedua band memainkan gaya musik grindcore yang setipe. BANGSAT dengan gaya crust grind/grind punk yang straight to the point begitu juga CAUSE OF DIVORCE hanya dengan sedikit tambahan unsur melodik dan sound yang tidak terlalu klasik.  Ada 12 lagu BANGSAT dengan ciri khas lirik yang menggambarkan dunia penuh penderitaan, kelaparan, dan juga penindasan. Hal yang sama juga ada di lirik – lirik CAUSE OF DIVORCE. Hanya saja BANGSAT mempertahankan budaya straight to the point sampai di penulisan lirik.
Skena grindcore Indonesia sudah bergerak lebih jauh lagi hari ini. Jejaring pertemanan dengan band maupun komunitas grindcore di negara lain tidak lagi hanya berbuah album – album split ataupun kompilasi. Tapi band – band Indonesia juga sudah angkat kaki dan bergerak maju untuk pergi manggung di negara – negara lain. Sebuah perubahan yang sangat menyenangkan, tentunya titik capai seperti ini tidak terjadi dengan mulus tapi juga disertai dengan pasang surut maupun silang pendapat (yang menarik bagi saya adalah perdebatan saat penyelenggaraan Obscene Extreme Festival di Jakarta).
Sembari mengenang semua peristiwa di sepanjang perjalanan yang telah dilalui tersebut, saya sangat merekomendasikan rilisan ini. Cari dan beli jika masih tersedia format fisiknya, karena sejauh ini saya tidak menemukan link download ilegal yang tersedia dimanapun.
Direview oleh : Aldiman Sinaga


Informasi lebih mengenai rilisan ini bisa dilihat di Discogs

Dengarkan BANGSAT & CAUSE OF DIVORCE 

No comments:

Post a Comment