Friday, January 25, 2019

MANJAKANI Menyapa Kalian Yang Rindu dengan SABDA RINDU


Ada yang belum kenalan dengan MANJAKANI ? Ya silahkan cek profil mereka di Facebook, Twitter, Instagram, ataupun melalui single pertama mereka ASMARAWEDA

Ya, single Asmaraweda bisa jadi adalah salam perkenalan banyak orang dengan Manjakani. Asmaraweda juga yang dalam sempitnya pengamatan saya menjadi pintu perkenalan Manjakani dengan perjalanan bermusik yang lebih jauh lagi. Beberapa kali tampil di berbagai festival musik di luar Kalimantan, setia menyinggahi berbagai panggung dan ruang - ruang kecil nan akrab di lintas Jawa, Bali, hingga Sarawak-Malaysia, semua bisa dibilang bagaikan kelindan yang indah antara usaha dan hasil.

Seiring perjalanan, semakin banyak yang bertanya "Kapan album?" jika kita melihat kepada ruang - ruang interaksi Manjakani dengan para pendengarnya. Sebuah pertanyaan yang wajar. Dan Manjakani pun memang sudah selalu membocorkan melalui akun media sosial mereka mengenai aktivitas mereka dalam proses rekaman album pertama. Kita semua tentu merindukan sebuah rekam karya yang utuh dari band yang selalu kita nikmati penampilannya. Pendengar Manjakani merindukan memiliki artefak karya seni yang bisa terus disimpan selamanya.

Sabda Rindu hadir bagi kalian semua para perindu. Kalian yang merindu pada karya - karya Manjakani, kalian yang menghidupi rindu pada apapun yang kalian anggap layak. Sabda Rindu adalah jawaban bagi kerinduan pendengar Manjakani akan karya - karya mereka. Sabda Rindu adalah sebuah single yang akan menemani kita semua dalam kerinduan untuk segera menikmati album pertama Manjakani, yang kabarnya akan dirilis pada tahun 2019 ini.

Sabda Rindu ini adalah lagu yang sangat bisa dinikmati dengan santai. Judulnya yang tak perlu membuat kita bertanya - tanya, liriknya yang mudah dicerna dan dinyanyikan, dan tentunya siapa diantara kita yang tak pernah merindu? Bagi saya pribadi, ada sebuah misteri sekaligus kejutan ketika mendengarkan Sabda Rindu ini. Manjakani sukses membangun musik di lagu ini dengan membaginya dari awal ke tengah dan dari tengah ke akhir. Dinamika yang berhasil membuat kita tidak larut dalam rindu yang sendu, tapi justru merasakan rindu yang indah sambil menyanyikan "Lalala lalala lalalalala". Lagu ini dirilis melalui saluran YouTube Manjakani Music melalui sebuah video animasi yang bagus sekali karya dari Rami Syahbandi. Menghadirkan visual yang apik dengan warna - warna yang "temaram namun cerah". Meminjam dari seorang teman, istilah yang tepat untuk disematkan pada keseluruhan karya SABDA RINDU ini adalah Dark Yet Cheerful.


No comments:

Post a Comment