Friday, November 2, 2018

Zine baru dari Sonic Fuzz Records Banjarmasin

Keberadaan zine sebagai sebuah media informasi dan komunikasi dalam sebuah komunitas musik bukan sebuah hal yang baru. Sejak 70an sampai dengan 80an ada banyak zine beredar di kalangan penikmat musik punk, metal, indie pop, dan hip - hop. Sebuah semangat yang baik, ada sistem kerja sama yang tercipta oleh para pelaku komunitas musik saat itu, sebagai musisi, penikmat, dan penggiat media (zine).

Bagaimana di zaman sekarang ini? Semenjak situs media sosial sudah bisa dimiliki oleh siapapun dan dengan jangkauan kemanapun dan kapanpun, sejak perusahaan rokok juga sudah bikin website untuk komunitas musik lokal, bagaimana zine mengambil posisi ditengah itu semua? Sonic Fuzz Records mencoba sebuah terobosan baru untuk menjawabnya. Adalah NET.I.ZINE sebagai perpaduan antara internet, instagram, dan zine sebagai media informasi yang diusahakan oleh teman - teman Sonic Fuzz saat ini. Zine dalam format digital dan diterbitkan dalam feed instagram mereka ini bukanlah pengganti zine cetak yang sudah mereka terbitkan sebelumnya. Mereka mau memaksimalkan berbagai cara untuk membagikan informasi yang mereka anggap penting dan perlu di "viral" kan. Generasi milenial saat ini sudah lebih akrab dengan layar gadget dibanding kertas. Maka dengan NET.I.ZINE ini berusaha menyasar generasi milenial yang setiap saat selalu nge-scroll feed instagram dan gak mau lagi repot - repot beli zine cetak.



Terbukti melalui statistik yang mereka pantau, pembaca dari postingan instagram NET.I.ZINE justru jauh lebih banyak. Akan tetapi, zine versi cetak tetap mereka produksi  karena nyatanya masih mendapat respon dari teman - teman diluar kota mereka (Banjarmasin). "Jadi menurut kami itulah inti dari zine cetak, menghubungkan sesama pecinta zine. Jadi banyak temen akhirnya", penjelasan dari Afif Aziya salah satu tim NET.I.ZINE.

Zine memang tidak pernah dibakukan harus selalu dalam versi cetak. Zine sendiri tidak cuma mengenai keberadaannya secara fisik, tapi juga semangat berbagi yang dibawanya sebagai sebuah konsep yang sangat - sangat mungkin untuk terus dikembangkan mengikuti perkembangan zaman. Silahkan cek edisi - edisi terbaru dari NET.I.ZINE di akun instagram Sonic Fuzz Records yaitu @sonicfuzz.

No comments:

Post a Comment