Tuesday, October 23, 2018

KONGSI MUSIK PONTIANAK Ngobrol Bareng LAS! "Maintenance Fans"

Photo oleh : Dede Artha

Kongsi Musik Pontianak adalah persatuan para penggiat musik (band/distro/record label/simpatisan) dari komunitas musik Pontianak. Dalam acara Pontianak Ekonomi Kreatif Expo dan Festival Kuliner, Kongsi Musik Pontianak hadir disebuah booth yang menjual rilisan fisik musik dan merchandise dari band - band Pontianak. Selain itu pada malam hari juga diadakan sesi ngobrol santai bersama beberapa band Pontianak.

Pada kesempatan kali ini Kongsi Musik Pontianak ngobrol bareng band LAS! mengenai apa yang mereka lakukan dalam me-maintenance fans.

LAS! adalah salah satu fenomena ditengah pergerakan komunitas musik Kota Pontianak saat ini. Berawal dari sebuah perjalanan mencari tenang setelah bubarnya Lost At Sea band mereka sebelumnya hingga akhirnya mereka mendapatkan pencerahan untuk membawa suara - suara dari tanah kelahiran mereka Borneo. Lagu Borneo Is Calling bisa dibilang jadi titik awal nama LAS! semakin dikenal sekaligus titik awal kemunculan Wild Bornean. Wild Bornean sekelompok pendengar LAS! yang tidak diorganisir ataupun distrukturisasi dengan kaku tapi terbukti bisa terus menjadi sebuah kekuatan dalam siklus kreatif LAS!.


Namun LAS! tidak ingin fanbase mereka pada akhirnya terjebak menjadi sebuah trend belaka, layaknya fanboy/fangirl yang mengidolakan boyband/girlband. Dengan berpegang teguh pada ideologi humanisme, kepedulian akan isu-isu ekologi dan sosial politik, serta tak lupa untuk tetap bersenang - senang terbukti LAS! bisa terus merawat keakraban dan kesadaran bersama Wild Bornean. Salah satu bentuk pengorganisirannya kemudian adalah Borneo Is Calling Foundation sebagai wadah untuk pergerakan/perjuangan sosial di Kalimantan.


Saat ini LAS! sedang berproses untuk rencana album baru yang akan dikeluarkan tahun depan. Untuk sampai pada tujuan tersebut, mereka pun tetap bergerak bersama Wild Bornean untuk mewujudkannya. DIAM DIAM KONSER menjadi sebuah usaha kolektif mereka untuk berbagi energi dan kesenangan di panggung random bersama Wild Bornean sembari mengumpulkan donasi untuk kebutuhan finansial produksi album.

Obrolan lengkap bersama LAS! bisa dilihat di video berikut :

No comments:

Post a Comment