Tuesday, June 5, 2018

Review rilisan : Tiberias "V1.18"



TIBERIAS ! Band ini sering disalah sangka sebagai sebuah band worship, hahahaha. Tiberias turut meramaikan ajang Record Store Day Pontianak 2018 dengan merilis sebuah CD Single berjudul V1.18. CD single ini berisi dua lagu berjudul sama dengan versi yang berbeda.
Saya pertama kali menonton Tiberias di Kosong Kosong Festival 2017. Waktu itu penampilan mereka bisa dibilang kurang menarik. Tampil dengan konsep yang “jarang” di Pontianak seharusnya sudah jadi sebuah kekuatan untuk mereka menjadi daya tarik waktu itu. Tapi penampilan mereka di panggung seperti tidak saling mengenal dan ingin cepat selesai. Tampil dengan membawakan lagu – lagu cover juga menurut saya bukan pilihan yang tepat saat itu di event “sepenting” Kosong Kosong Festival.
Setahun berjalan setelah penampilan tersebut, Tiberias memperlihatkan banyak kemajuan. Salah satu yang paling penting adalah kemunculan mereka yang lumayan banyak di panggung – panggung musik Pontianak. Selain itu menurut saya, mereka juga mengelola manajemen dan social media appearence dengan baik. Dan bagi saya, puncaknya adalah di CD single ini.
V1.18 adalah CD single yang sesungguhnya juga CD Promo untuk Tiberias. Kehadiran mereka dalam format rilisan fisik seharusnya dimaksimalkan betul melalui CD Single ini. Terlebih lagi mereka juga memperhitungkan untuk memanfaatkan momen perilisan dengan mengambil momen Record Store Day.
Lagu PROOF yang dimasukkan kedalam CD Single ini sebenarnya sudah bisa kita dengar melalui video live session maupun video manggung yang sudah diupload di channel Youtube mereka. Lagunya keren! Saya bisa melepaskan mereka dari bayangan lagu – lagu cover yang mereka mainkan ketika pertama kali melihat mereka live. Kalian bisa bayangkan band – band Sub Pop yang non-grunge dengan mendengarkan lagu – lagu Tiberias. Bukan sebuah lagu yang liriknya enak dinyanyikan berulang – ulang sambil masak di dapur sih. Tapi ciri khas tersendiri yang mereka bawa ditengah – tengah riuh ramai band – band Pontianak saat ini, itu yang saya suka.
Sayang sekali, entah kenapa harus memasukkan lagu Proof remix version di CD Single ini. Rilisan fisik pertama untuk band yang belum berumur lama, seharusnya dimanfaatkan untuk memperdengarkan lagu – lagu Tiberias kepada sebanyak – banyaknya orang. Selain itu seandainya lebih banyak “Tiberias” lagi yang ditampilkan entah itu melalui liner notes, gambar – gambar, dlsb.

No comments:

Post a Comment