Friday, February 16, 2018

Review Rilisan : ENSENA x RADIANT ARCHERY

Sumber foto : https://ensenacvlt.bandcamp.com/releases


Saya sudah jatuh cinta dengan ENSENA semenjak pendengaran pertama. Sebuah band yang berasal dari dataran tinggi Cipanas dan memainkan musik dengan gaya post-metal, atmospheric, dan sedikit beat ala dis-dis juga ada. Seolah – olah nuansa gunung dan dingin dari Cipanas sudah diwakilkan melalui suara gitar atmospheric dan ketukan drum yang berulang – ulang di lagu – lagu mereka.
Pada rilisan kali ini ENSENA melaukan split dengan RADIANT ARCHERY sebuah band asal Singapore yang memainkan musik yang tidak jauh berbeda dengan ENSENA. Dan split dalam bentuk kaset pita ini dirilis dengan metode kerja bareng antara D’Kolektif dan HSTD, kedua record label ini berasal dari Bandung.
Masing – masing band memperdengarkan satu buah lagu dalam split ini. Sisi yang pertama kali saya dengar adalah sisi nya ENSENA. Dengan sebuah lagu berjudul NOCTURNAL, ENSENA masih bertahan dengan warna musik seperti yang telah mereka hadirkan di EP pertama mereka. Ketukan drum black metal, beralih ke nuansa atmospheric yang dipimpin oleh riff – riff gitar yang membawa kita melayang. Warna musik yang masih sama, tapi belum membosankan untuk saya pribadi. Mungkin karena masih terasa segar saja, kebetulan warna musik seperti ini pun tidak banyak di Indonesia. Di sisi lainnya RADIANT ARCHERY memberi sedikit perbedaan dengan sebuah lagu instrumental. Dengan sebuah lagu berjudul THE GLOOM, RADIANT ARCHERY lebih bermain – main dengan “pembangunan mood” dalam aransemen musik di lagunya. Keseluruhan tempo lagu lebih lambat dibanding lagunya ENSENA, tapi cukup berhasil membawa kesan “gloomy” sesuai dengan judul lagunya.
Split kaset ini mungkin tidak menghasilkan kehebohan yang sama ketika saya pertama kali mendengar ep The Judgement milik ENSENA. Tapi split kaset ini masih layak dimiliki sebagai salah satu arsip penting musik – musik post metal/atmospheric metal/melodic crust lokal.

Sumber foto : https://ensenacvlt.bandcamp.com/releases

Beli albumya di Twitter milik ENSENA : https://twitter.com/ensenacult

No comments:

Post a Comment