Friday, November 4, 2016

TUR SIKSA KUBUR DI KALIMANTAN BARAT SUDAH DIMULAI !!!!




Siksa Kubur adalah salah satu pentolan death metal di Indonesia. Eksistensi nya semenjak tahun 1996 dengan delapan album dan juga pengalaman manggung yang mungkin ratusan adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Pada tanggal 2 November 2016 kemarin adalah hari rilis dari album ke delapan mereka yang berjudul MAZMUR : 187. Dan pada hari yang sama juga mereka sudah berada di Pontianak untuk segera melaksanakan promo tour album baru ini di Provinsi Kalimantan Barat. Tentu saja ini sebuah kebahagiaan sekaligus kebanggan untuk scene underground di Kalimantan Barat  karena tur kali ini juga adalah kunjungan ketiga kalinya Siksa Kubur ke Kalimantan Barat, seolah – olah Kalimantan Barat memiliki makna yang spesial bagi Siksa Kubur.

Kehangatan dan keakraban pertemanan Siksa Kubur dengan scene Kalimantan Barat memang sudah dimulai semenjak kunjungan pertamanya pada 2007 lalu. Begitu pula pada kunjungan kali ini, saat tiba Rabu (2/11) siang, rombongan Siksa Kubur sudah disambut oleh teman – teman scene metal Kalimantan Barat dan dilanjutkan dengan nongkrong dan ngobrol – ngobrol santai pada malam harinya di kantor Radio Vista Pontianak. Sebuah kehangatan dan keceriaan yang baik untuk memulai perjalanan panjang selama tiga minggu kedepan di enam kota. Siksa Kubur juga merupakan band pertama yang melakukan tur yang lumayan panjang di Kalimantan Barat. Memang sebelumnya ada INJECTED band hardcore dari Bandung yang melakukan tur di empat kota (Pontianak, Sanggau, Sintang, Melawi) di Pontianak, begitu juga ANTIPHATY band crusty punk dari Malang yang melakukan tur di tiga kota. Akan tetapi untuk Siksa Kubur kali ini, selain jumlah kota nya lebih banyak, juga meliputi jalur yang lebih luas. Jika kedua band sebelumnya hanya melintasi jalur dari Pontianak kearah timur/ hulu Sungai Kapuas, kali ini Siksa Kubur juga menjajali kota Ketapang dan Singkawang yang letaknya saling bertolak belakang (Selatan dan Utara). Sebuah langkah yang cukup berani, karena mengingat sarana transportasi dan kondisi jalan penghubung antar kota di Kalimantan Barat yang belum terlalu bagus. Semoga langkah berani ini juga membawa dampak yang positif untuk memulai peta baru jalur touring band di Kalimantan Barat dan diharapkan bisa menjadi alternatif jalur tur baru di Indonesia selain juga tentu semakin memberi dampak positif untuk scene di masing – masing kota dalam membangun jaringan pertemanan satu sama lain.




Show pertama untuk tur MAZMUR : 187 sudah dilaksanakan Siksa Kubur kemarin (3/11) malam. Kami juga tidak tahu apakah show kemarin malam itu memang masuk dalam jadwal atau diadakan saja secara spontan. Beruntung kami cepat mendapatkan informasi melalui pesan pribadi dan segera kami teruskan ke beberapa teman dekat. Show diadakan di sebuah studio rental baru di daerah Kota Baru bernama JB Studio. Studio ini sendiri juga cukup menarik perhatian anak – anak band Pontianak, karena selain masih baru dan juga memiliki kualitas alat – alat musik yang diatas rata – rata studio lainnya di Pontianak. Kami tiba di JB Studio pada 20.00 WIB dan terdengar dari dalam studio sudah ada suara distorsi dan growl!!! Kami pikir sudah terlambat dan ketinggalan beberapa lagu, ternyata Siksa Kubur sedang bersiap – siap saja. Setelah istirahat, makan malam, dan ngobrol – ngobrol, akhirnya show dimulai sekitar pukul 21.00 WIB. Kurang lebih ada 15 orang yang berada di dalam studio kemarin malam. Set SIKSA KUBUR dimulai dengan sebuah monolog dari potongan film, sebagai pembuka kengerian di malam yang membahagiakan tersebut. Nonton SIKSA KUBUR dengan jarak lima meter antara panggung dan moshpit itu sudah terlalu biasa, sekarang saatnya merasakan dan mendengarkannn sound SIKSA KUBUR langsung dari ampli nya dan hampir tidak ada jarak. Kami sempat melakukan broadcast video live di Facebook untuk membagikan keributan malam itu. Siksa Kubur memang band metal dengan attitude jalanan!! Sebelum show dimulai jelas terlihat bahwa mereka sudah mulai capek, mungkin habis jalan – jalan keliling Pontianak seharian. Tapi begitu hitungan dari sang drummer dibunyikan, kelima – limanya seperti mendapatkan roh yang baru. Penonton yang berada di dalam studio sebenarnya juga sudah terbawa panas, beberapa mulai memukul – mukulkan tangannya ke paha, beberapa lagi mulai bersemangat mengangguk – anggukkan kepalanya, dan semuanya serentak teriak “Yeahhhhh!!!!!” setiap lagu selesai. Tapi sepertinya roh malu – malu masih hinggap di tubuh penonton yang hadir, saying sekali yang kurang dari show kemarin malam adalah tidak tercipta headbanging liar, moshpit kecil – kecilan, ataupun keringat – keringat bercucuran dari para penonton. Selebihnya penampilan SIKSA KUBUR kemarin malam sungguh tanpa cela. Penampilan mereka ditutup dengan lagu TAHAN BANTING dari album self titled, sebuah lagu thrashy, cepat, padat, rapat, dan sangat nikmat jika dinikmati dengan sebuah circle pit raksasa!!!










Saat tulisan ini dibuat, SIKSA KUBUR sedang dalam perjalanan darat menuju Sintang, sangat disayangkan show di Desa Binjai harus dibatalkan karena masalah perizinan. Dan kabarnya, setelah rangkaian tour di kota – kota luar Pontianak selesai, akan diadakan lagi sebuah show di Pontianak, mari kita tunggu saja!!!


No comments:

Post a Comment