Saturday, August 13, 2016

Segera Rilis : MARKAS KUMUH - Borderhood

MARKAS KUMUH adalah sebuah band hardcore punk yang berasal dari Kecamatan Entikong. Sebuah kecamatan yang merupakan letak pintu lintas batas (perbatasan) negara Indonesia dan Malaysia(Sarawak, Malaysia Timur).
Beberapa teman kami cukup terkejut dengan info rilisan ini. Tidak heran karena tempatnya lumayan jauh dan sepi. Tapi bukan tidak mungkin juga iya kan? Internet sudah sangat membantu menyalurkan informasi ditengah-tengah riuh ramai booming "hardcore" di Indonesia.
Kami belum lama berkenalan dengan band ini. Tapi melalui beberapa perjumpaan (bahkan beberapa hanya melalui penghubung/ orang ketiga saja), kami sudah jatuh hati dengan semangat yang mereka miliki. Sebelumnya, pada bulan April yang lalu mereka sudah merilis sebuah Cd demo yang dibagikan gratis di lingkungan orang-orang yang mereka kenal saja. Lagu-lagu di Cd demo tersebut direkam saat sesi latihan mereka menggunakan Hp/kamera, kasar dan ribut. Dan studio tempat mereka rekaman & latihan itu juga bukan di kampung mereka. Tapi letaknya di Kembayan, masih di Kabupaten yang sama tapi jaraknya kira-kira dua jam dari Entikong.
Lantas apa kami hanya menjatuhkan pilihan kepada mereka hanya karena latar belakang yang sudah kami ceritakan ini?
Tentu saja tidak, dan kalaupun iya, kenapa memangnya? Beberapa waktu yang lalu mereka datang ke Pontianak khusus untuk rekaman yang lebih bersih. Sebuah lagu sebagai sample diberikan kepada kami, judulnya BORDERHOOD. Wawww, kami bisa merasakan semangat, suara hati, dan kemarahan ala hardcore punk dengan latar belakang personal maupun asal daerah mereka. Kalau mau ngomongin materi lagu sampai detail, yah karya mana sih yang sempurna? Kegigihan, niat, dan semangat yang mereka miliki adalah alasan dan dasar yang tepat untuk kami berjabat tangan dan sepakat bekerja sama untuk Ep ini.




No comments:

Post a Comment