Monday, July 2, 2012

PTK Archive



Halo, kita mengumumkan bahwa sejak saat ini, kita akan memulai dan akan terus mengembangkan sebuah cabang terbaru dari pekerjaan mulia kita # haaalaaahh........
Cabang terbaru itu kita beri nama PTK Archive.
PTK Archive adalah sebuah proyek peng -arsipan segala macam file - file (audio, visual, audiovisual) yang berkaitan dengan perjalanan scene underground(kalian boleh ganti kata ini menjadi indie,hcpunk,metal, ato apalah...) dari kota Pontianak. Semua file akan diarsipkan sebagai data digital. Dan berdasarkan referensi dari seorang teman, maka kita menggunakan  INTERNET ARCHIVE sebagai media penyimpanan data. Kenapa kami menggunakan INTERNET ARCHIVE? Yah, karena berdasarkan info dari teman tersebut, melalui INTERNET ARCHIVE data yang kita simpan akan lebih terjaga. Gratis, legal, dan terjaga, dan kamipun tertarik untuk mencoba. Berikutnya kelebihan dari INTERNET ARCHIVE akan terus kami bagi - bagikan kepada kalian nantinya setelah kami menjalaninya sendiri yah.
Oiyah, PTK Archive ini tujuannya tidak lain tidak bukan adalah sebagai sebuah bentuk pendokumentasian. Sebelumnya kami memang sudah sadar bahwa dokumentasi adalah sebuah hal yang penting untuk selalu dilakukan, tidak hanya dalam dunia scene scene-an, tapi juga dalam kehidupan. Lihat bagaimana artefak artefak sejarah berusaha disimpan sebaiknya-baiknya demi mencatat perjalanan hidup manusia. Dan itu jugalah yang ingin kami lakukan.
Kami ingin menyimpan catatan perjalanan scene kota Pontianak. Kami ingin menjaganya. Kami sadar, kita dan kami juga sangat berisiko untuk teledor. Tidak hanya file fisik, terutama sekali file digital sangat berisiko untuk hilang.
Kedepannya, harapan kami proyek ini dapat menjadi semacam sebuah museum, dimana barang - barang yang disimpan didalamnya tidak hanya menjadi sebuah tontonan saja, tapi juga bisa dimanfaatkan sebaik - baiknya bagi semua yang melihatnya.

No comments:

Post a Comment